Pengenalan &Asal Nama Mesir

Orang Qibthi (mesir kuno) menyebut negeri ini dizaman dahulu dengan istilah kemy dan takemy yang beerti tanah yang hitam atau dari simbol tanah yang subur.sedangkan dalam teks-teks rasmi firaun(pharaonic)istilah mesir yang paling kuno adalah tawey yang bererti dua tanah,kerana secara geografinya , mesir terbahagi kepada dua tasmyao( dataran tinggi /ardh sha'id) dan Tsameho (permukaan laut/ardh wajh al-bahr). Nama ini muncul sejak akhir tahun 4000 sm.
ketergantungan mesir sejak dahulu terhadap sungai nil untuk meenyuburkan pertanian juga telah memunculkan sebutan bagi mesir dengan nama edbawey yang beerti tanah dua tepi,sebagai pengakuan mereka terhadap keperluan hidupnya kepada sungai nil.


sementara sumber luar yang di kenali mencatat nama mesir adalah surat yang dikirim kepada firaun mesir pada pertengahanabad ke14 sm.Disitu dituliskan bahwa ancaman yang datang ke negeri kan'an memaksa penduduknya mengungsi ke Mato Mishriy yang bererti tanah mesir
demikian juga,seluruh bangsa semit yang nenyebut mesir negeri ini dengan nama mishr,begitu pula bangsa asyiria .sedangkan bangsa ahram meyebut mishrayin,bangsa ibrani menyebut negeri ini dengan nama Misayem dan dalam teks bangsa phoenix disebut mishrem.


misr,dalam bahasa semit beerti batasan.bangsa-bangsa semit terdiri dari bangsab menyebut Asyiria,Aram,ibrani,dan arab menyebut di daerah yang berada diperbatasan mereka sebagai mishr,dan menyebut orang-orangnya mishriyin(orang-orang mesir) sebagai manaa kata finish dalam bahasa latin yang juga beerti batas.
sekitar abad ke9-7 SM,beberapa teks klasik Asyiria menyebut berulang kali nama mesir,ditulis dengan Mushuriy dan mashur.bangsa persia kuno menyebutnya Mudhraya. dalam teks taurat ditulis mashur dan misrayem.juga disebut Yaoriy mashur yang beerti Nil mesir dan iris Misrayem yang beerti tanah mesir.


sementara orang-orang yunani menyebut mesir dengan nama Egyptus yang mereka dengar dan ambil dari oraberulang-orang dahulu.Nama egyptus ini disebut berulang kali dalam syair-syair pujangga besar yunani ,Homerus.sedangkan bangsa Romawi menyebut nya Aegyptus yang kemudian di kenal dalam berbagai bahasa eropah sebagai Egypt,Egypte,Egiito,Agypten.

Allah swt menyebutkan negeri ini dalam Al-Quran sebanyak empat kali dengan menyebutkan nama Mishr.sementara orang melayu menyebutkan dengan nama "mesir". Dapat dipastikan gubahan ini berasal dari nama Mishr dalam Al-Quran.